KARAKTERISTIK LAPISAN HOT DIP ALUMINIZING PADA BAJA TAHAN KARAT MARTENSITIK 13Cr

Moch. Syaiful Anwar, Mikhael Kevin, Alfirano Alfirano, Efendi Mabruri

Abstract

Pada material aplikasi suhu tinggi, pelapisan permukaan merupakan hal penting dalam memberikan ketahanan oksidasi dan korosi temperatur tinggi, ketahanan erosi dan abrasi.Hot dip Aluminizing merupakan metode alternatif pelapisan yang dapat digunakan, karena lebih murah daripada PVD dan paduan Co. Perlakuan permukaan, komposisi lelehan Al dan Al – Si, dan parameter proses seperti temperatur dan waktu pencelupan berpengaruh terhadap komposisi intermetalik dan struktur mikronya. Baja dilapisi lelehan Al murni, Al – 5% Si, Al - 11% Si, dan Al – 15% Si pada temperature dan waktu celup yang brvariasi. Si memberikan pengaruh terhadap perubahan morfologi antara substrat dengan interface intermetalik dan mencegah kemungkinan terjadinya stress konsentrasi akibat morfologi finger-like. Pada waktu pencelupan yang sama sebesar 3 menit dari 4 variasi komposisi coating yang berbeda, ketebalan lapisan coating terbesar adalah sampel Al – 15% Si dengan temperature 800oC, sedangkan ketebalan lapisan intermetalik terbesar adalah sampel Al murni dengan temperatur 861oC dengan nilai ketebalan masing-masing sebesar 480µm dan 46,8 µm.

Keywords

Baja tahan karat martensitik, aluminizing, intermetalik, Fe-Al, Fe-Al-Si.

Full Text:

PDF

References

Anwar, M. S., Prifiharni, S., & Mabruri, E. 2017. ‘Optimizing Heat Treatment Process of Fe-13Cr-3Mo-3Ni Martensitic Stainless of Steel’. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 202(1).

Fatayalkadri & Mabruri, E. 2009. ‘Pelapisan Aluminium Baja Tahan Karat Martensitik AISI 420 Melalui Metode Celup Panas’.Majalah Metalurgi, 1–8.

Awan, G. H. 2001. ‘The Morphology of Coating-Substrate Interface in Hot-Dip-Aluminized Steels’.Doctor Thesis UET.

Shahverdi, H. R., Ghomashchi, M. R., Shabestari, S., & Hejazi, J. 2002. ‘Microstructural analysis of interfacial reaction between molten aluminium and solid iron’.Journal of Material Processing Technology 124, 345–352.

R. Rajendran. 2006. ‘Effect of process parameters in hot dip aluminizing of medium carbon steel’. Anna University.

Copyright (c) 2020 Metalurgi
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.